spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Logistik Pilkada Kloter Kedua Dijadwalkan Tiba Minggu Ini

TANJUNG SELOR – KPU Bulungan terus matangkan persiapan menuju pilkada 27 November 2024. Persiapan yang dimaksud salah satunya logistik untuk pemungutan suara saat pencoblosan nantinya.

Ketua KPU Bulungan, Mahdi E Paokuma menyampaikan, saat ini logistik pilkada sebagian sudah besar sudah tiba di gudang logistik bertempat di Dome Center, Tanjung Selor.

Sementara, untuk surat suara dimungkinkan akan tiba di Tanjung Selor pada 13 Oktober 2024. “Itu diperkirakan tiba di Bulungan pada sore hari, jadi pengiriman logistik tersebut lewat jalur udara kemudian akan mendarat di Kabupaten Berau Kaltim,” kata Mahdi kepada media ini lewat sambungan selulernya, Jumat (11/10/2024).

Nantinya, logistik tersebut akan dikawal dari Berau sampai di Tanjung Selor. “Tiba di Tanjung Selor diperkirakan pada sore hari,” tuturnya.

Sedangkan untuk item logistik lainnya, seperti tinta, bilik suara, kotak suara, segel, sampul itu sudah ada di gudang logistik KPU Bulungan.

“Tinggal ada beberapa item perlengkapan logistik pemungutan suara lainnya, seperti sampul C Plano dan lainnya masih dalam percetakan logistik lainnya masih dalam perjalanan,” ulasnya.

Surat suara yang dimaksud, kata dia sudah termasuk untuk pemilihan gubernur dan wakil gubernur. Pendistribusian logistik dibagi menjadi dua kloter, kloter pertama pada bulan lalu telah didistribusikan seperti paku, karet, bantalan, bilik suara, kotak suara.

KPU Bulungan melibatkan aparat kepolisian dari Polresta Bulungan untuk menjaga keamanan di gudang logistik. Selain itu, tim penyelenggara Pilkada juga menyiapkan aparat keamanan internal untuk mengawasi logistik Pilkada yang disimpan di gudang.

Hal ini, kata dia bertujuan untuk meminimalisasi risiko terjadi kehilangan atau pencurian logistik yang dapat mengganggu jalannya Pilkada.

Untuk memastikan bahwa Pilkada berjalan dengan aman, KPU Bulungan berharap masyarakat dapat membantu mengawasi keamanan lingkungan sekitar gudang penyimpanan logistik, dengan cara melaporkan setiap tindakan mencurigakan yang terjadi di sekitar gudang kepada petugas keamanan atau aparat keamanan setempat.(*)

Penulis: Martinus
Editor: Yusva Alam

BERITA POPULER