spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Benuanta Fest 2K24 Targetkan 80 Ribu Pengunjung Tiap Malam

TANJUNG SELOR – Event tahunan Benuanta Fest 2K24 kembali digelar Dinas Pariwisata Kalimantan Utara (Dispar Kaltara). Acara ini berlangsung pada 20-24 September 2024 yang akan menyuguhkan beragam hiburan, dengan fokus utama pada seni dan budaya Kaltara.

Kepala Dispar Kaltara, Njau Anau mengungkapkan, event tahun ini akan berbeda. Lokasinya pun dipindahkan dari Lapangan Agathis ke Kebun Raya Bunda Hayati.

“Kami memilih kebun raya karena kapasitasnya lebih besar,” ujarnya kepada wartawan, Jumat (20/9/2024).

Ditambahkan, bahwa kapasitas Lapangan Agathis sudah tidak cukup menampung pengunjung yang mencapai 60 ribu orang setiap malam.

“Kalau pelaksanaan di kebun raya yang sebelumnya hutan kota, kita targetkan pengunjung tiap malam itu mencapai 80 ribu orang,” tukasnya.

Hanya saja, untuk konsep Benuanta Fest, diakui Njau, masih sama dengan tahun lalu. Yakni food, folk, fashion, fun game, fineart, fire expo, dan fest on kayan river serta musik. Dari semua konsep itu, unsur budaya sangat ditekankan melalui konsep folk.

Kemudian, akan ada penampilan 25 etnis dan suku dari Kaltara. Setiap hari, etnis yang berbeda akan tampil, menunjukkan kekayaan budaya khas masing-masing. “Kami mengajak masyarakat Kaltara untuk dapat menyaksikan Benuanta Fest 2k24. Karena terdapat suguhan penampilan etnis dan suku di Kaltara. Sehingga masyarakat Kaltara dapat mengetahui dan mengenal sejumlah etnis dan suku yang ada,” tukasnya.

Adapun etnis yang tampil di Benuanta Fest, di antaranya Dayak Punan, Dayak Lundayeh, Arab, Maluku, Batak, Madura, Dayak Tenggalan, Dayak Tahol, Tionghoa, Bulungan, Paguyuban Jawa, Tidung, NTT, Banjar, Dayak Sa’ban, Dayak Bulusu, Bugis Makassar, Dayak Akolod, Minahasa, Dayak Agabag, Dayak Kayan, Toraja, Paguyuban Minangkabau, Bali dan Dayak Kenyah.

Selain folk, juga menyajikan fun game untuk menarik perhatian dengan mempertandingkan olahraga tradisional, seperti ular naga. Sementara, untuk fashion, karya desainer muda asal Kaltara yang dibina oleh Dekranasda di bawah naungan Istri Gubernur Kaltara akan dipamerkan.

Bagi pecinta musik, Benuanta Fest juga akan dimeriahkan oleh festival musik rock nasional. Meski begitu, konsep Fest On Kayan River, yang mengusung pesta di Sungai Kayan, masih menunggu jadwal yang tepat.

“Kami berharap festival ini bukan hanya sebagai hiburan, tapi juga menjadi ajang promosi budaya dan seni Kaltara ke khalayak luas. Selain itu, UMKM dan kuliner lokal juga bisa semakin dikenal,” harapnya.(*)

Penulis: Martinus
Editor: Yusva Alam

BERITA POPULER