spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Penetapan DPT Pilkada 2024, KPU Berau Gelar Rapat Pleno Terbuka

TANJUNG REDEB — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Berau gelar Rapat Pleno Terbuka terkait Rekapitulasi dan Penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Tingkat Kabupaten Pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024 di Hotel Bumi Segah, Jalan Pulau Sambit, Kecamatan Tanjung Redeb pada Kamis (19/9/2024).

Ditemui oleh awak media, Ketua KPU Berau, Budi Harianto menyebut pihaknya telah menetapkan Daftar Pemilih Sementara (DPS) sebelum masuk kedalam tahapan penetapan DPT di Kabupaten Berau. Setelah itu, dilakukan persiapan tentang daftar pemilihan setelah dilakukan perbaikan.

“DPT akan ditetapkan setelah daftar pemilih keluar maupun masuk telah dilakukan perbaikan. Tadi malam, kami telah melakukan sinkronisasi bersama Bawaslu Berau,” ungkapnya.

Pasalnya, Budi mengungkapkan tujuan dari persiapan tersebut untuk memperoleh hasil yang sesuai dengan penetapan DPT yang akan dilakukan. Setelah penetapan DPT rampung dilakukan akan dilanjutkan untuk mencetak logistik berdasarkan jumlah DPT yang telah ditetapkan nantinya.

“Jika ada pemilih baru ataupun yang belum terdaftar, semua ada mekanismenya. Karena ada yang namanya pemilih tambahan. Yang terpenting memenuhi syarat sehingga dapat dimasukan kedaftar pemilih khusus,” ujarnya.

Kemudian, dirinya menyampaikan akan mengakomodir seluruh hak pih masyarakat. Namun dengan cacatan semua harus memenuhi syarat. Sehingga, anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) akan tetap membuka dan menerima jika menemukan masyarakat yang melapor belum masuk sebagai pemilih dan belum terdaftar.

“Aturannya sudah ada, jadi akan ditindaklanjuti langsung,” jelasnya.

Kemudian, Budi Harianto mengapresiasi kinerja dari jajaran PPK atas kerja keras dan koordinasinya mulai dari PPS hingga sampai pada penetapan DPT hari ini.

“Saya berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah bekerja keras selama ini. Jika ada saran dan masukkan segera disampaikan. Kami akan menerimanya sebagai bentuk perbaikan kinerja kami,” ujarnya.

KPU Berau akan terus melakukan pemutakhiran data pemilih dengan baik. Agar hak siara dari masyarakat di Kabupaten Berau dapat terus terjaga. Selanjutnya, hal itu lah yang menjadi perhatian dari KPU Berau.

“Banyak memang ditemukan adanya pemilih ganda. Hal itulah menjadi perhatian kawan dari divisi data untuk melakukan perbaikan semaksimal mungkin,” tandasnya.

Pewarta : Muhammad Aril
Editor : Nicha R

BERITA POPULER