spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Barang Bukti 149 Gram Sabu Dimusnahkan, 4 Tersangka Diamankan

TANJUNG SELOR – Polda Kalimantan Utara (Kaltara) kembali musnahkan barang bukti narkotika jenis sabu-sabu dengan total 149,46 gram.

Pemusnahan narkotika ini disaksikan oleh Pengadilan Negeri Tanjung Selor, Kejaksaan Negeri Bulungan, Kabiddokes Polda Kaltara dan Dinas Kesehatan Kaltara.

Pemusnahan narkotika tersebut dengan cara dilarutkan ke dalam wadah berisi air, kemudian diaduk hingga kristal tersebut hancur di dalam air kemudian dibuang ke kloset.

Diresnarkoba Polda Kaltara, Kombes Pol Ronny Tri Prasetyo menyampaikan, selain barang bukti, juga diamankan empat orang terangka di antaranya inisial FJ, SD, MS dan MH.

“Untuk saudara FJ, dan SD ini kita amankan di Jalan Poros Tanjung Selor- Malinau, Kelurahan Tanjung Selor Hilir Kecamatan Tanjung Selor Bulungan, Kaltara,” ucap Kombes Pol Ronny Tri Prasetyo, kepada wartawan, Kamis (19/9/2024).

Dari tangan keduanya, kepolisian mendapatkan barang bukti narkotika yang dikemas dalam satu bungkus plastik klip bening ukuran sedang yang berisikan narkotika jenis sabu seberat 31,61 gram, kemudian 7 bungkus plastik bening ukuran kecil berisikan narkotika dengan berat bruto 9,46 gram.

Sabu tersebut merupakan jaringan pengedaran dari Nunukan yang rencana di edarkan di wilayah Bulungan. Sedangkan dua tersangka lainnya, MS dan MH diamankan di sebuah mebel Jalan Fatimah, Kecamatan Nunukan Barat, Kabupaten Nunukan.

Dari tangan keduanya, kepolisian berhasil menyita barang bukti narkotika seberat 107,39 gram yang dikemas dalam empat bungkus plastik bening.

“Dari pengakuan keduanya, sabu tersebut dibeli dari saudara MS saat ini statusnya DPO. Rencana akan diedarkan di wilayah Kabupaten Nunukan,” tukasnya.

Namun sebelum diedarkan, kepolisian lebih dulu meringkus keduanya. Ke empat tersangka ini dijerat dengan pasal 114 ayat 2 subsider 112 ayat 2 Jo pasal 132 ayat 1 UU Nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika. Dengan ancaman paling singkat 5 tahun dan paling lama 20 tahun atau hukuman mati.(*)

Penulis: Martinus
Editor: Yusva Alam

BERITA POPULER