spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Job Fair Garapan Distransnaker Dikunjungi 1.142 Pencari Kerja, Masih Terus Bertambah

TANJUNG SELOR – Antusiasme masyarakat pada pelaksanaan job fair atau bursa pencari kerja oleh Distransnaker Bulungan begitu tinggi.

Hal itu dilihat dari jumlah pencari kerja yang telah teregistrasi oleh Distransnaker Bulungan pada pukul 14.30 wita, mencapai 1.142 orang. Jumlah ini dimungkinkan terus bertambah mengingat pelaksanaan job fair di hari terakhir hingga pukul 16.00 wita.

Kabid Pengembangan dan Penempatan Tenaga Kerja Distransnaker Bulungan, Zainal menyatakan, hingga hari terakhir 32 perusahaan masih menerima lamaran yang masuk dari pencari kerja. Namun, beberapa perusahaan yang tidak ada di tempat saat ada pencari kerja sifatnya tetap diterima dan dititipkan.

“Iya, itu dititipkan. Ada beberapa berkas pelamar yang masuk,” ucap Zainal saat diwawancarai oleh wartawan, Rabu (18/9/2024).

Melihat antusiasme masyarakat terbilang tinggi selama pelaksanaan job fair, ke depan kata Zainal dimungkinkan akan kembali diadakan. Apalagi, pelaksanaan job fair ini baru kali pertama dilaksanakan.

“Kita adakan. Mudahan nanti kalau sudah disediakan anggaran. Kita usahakan ini menjadi agenda tiap tahun,” tukasnya.

Adapun jumlah perusahaan yang berpartisipasi pada pelaksanaan job fair ini mencapai 32 perusahan dengan total kurang lebih 500 lowongan kerja.

Disinggung soal dominasi pelamar saat mencari pekerjaan, kata dia belum didata jumlah pelamar secara keseluruhan. Tetapi jika dilihat dari daftar antrean yang ada itu didominasi oleh perusahan tambang.

“Data pastinya belum kita tahu laporan dari masing-masing perusahaan. Jadi belum bisa dipastikan, cuman yang ramai pendaftarnya kemarin itu (Selasa red) di perusahan tambang sub kon PKN,” katanya.

Jadi sambung dia, Distransnaker Bulungan memastikan informasi lowongan pekerjaan ini tidak hanya diumumkan pada pelaksanaan job fair, jadi begitu ada lowongan pasti akan diumumkan.

Hanya saja, pertemuan antara pemberi dan pencari kerja inilah difasilitasi lewat pelaksanaan job fair atau pameran lowongan kerja.

“Tidak ada rencana perpanjangan pendaftaran, jadi pelaksanaan cuman kita buka selama dua hari,” tandasnya.(*)

Penulis: Martinus
Editor: Yusva Alam

BERITA POPULER