spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Gempa Dua Kali dalam Sehari di Berau Bikin Warga Panik, Getaran Terasa Hampir 1 Menit

TANJUNG REDEB – Gempa bumi berkekuatan magnitudo (M) 5,6 dan 4,1 di Kabupaten Berau membuat warga panik hingga memutuskan untuk berada di luar rumah.

Salah seorang warga Kecamatan Sambaliung, Rohaini mengaku getaran dari gempa tersebut dirasakannya kurang lebih selama satu menit. “Getarannya cukup kencang, semoga tidak ada susulan,” katanya.

Ia mengaku pada hari ini, Minggu (15/9/2024) sudah dua kali merasakan getaran gempa, yakni sekitar pukul 18.00 WITA dan 20.00 WITA.

Pada pukul 18.00 WITA, gempa berkekuatan M 4,1 sedangkan pukul 20.00 WITA berkekuatan M 5,6.

“Saya bersama tetangga tentunya panik karena memang getarannya sangat terasa yang ke dua ini. Maka dari itu, kami memutuskan untuk berada di luar rumah sementara ini,” ucap Rohaini.

Sementara, menurut data Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa bumi terletak pada koordinat 1.33 LU dan 118.44 BT, atau tepatnya berlokasi 143 kilometer Tenggara Berau pada kedalaman 11 kilometer.

Gempa bumi tersebut kemungkinan berpusat di Kampung Batu Putih, Kabupaten Berau. Namun, hingga saat ini belum ada laporan mengenai dampak kerusakan yang ditimbulkan.

Kendati demikian, masyarakat Kampung Batu Putih dan sekitarnya diimbau untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. (dez)

Editor: Agus S

BERITA POPULER