spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Partai Golkar Dapat Bantuan Parpol Tertinggi se-Kabupaten Bulungan

TANJUNG SELOR – Pemerintah Kabupaten Bulungan melalui Kesbangpol Bulungan melaunching aksi perubahan yang dinamakan Bulan Semisa (Bulungan Aman Untuk Semua). Deklarasi ini melibatkan organisasi kemasyarakatan, partai politik serta seluruh unsur forkopimda se-Kaupaten Bulungan.

Kepala Kesbangpol Bulungan, Darmawan dalam sambutannya berharap, dana bantuan keuangan parpol dari Pemkab Bulungan dapat bermanfaat untuk masyarakat umum dan benar-benar berpedoman pada aturan perundang-undangan, sehingga dapat dipertanggungjawabkan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Pemberian bantuan terhadap partai politik tersebut, sesuai dengan regulasi yang dikeluarkan oleh Kemendagri dan diturunkan lewat Peraturan Bupati (Perbup).

“Kita Harapkan kegiatan pilkada yang akan kita selenggarakan di Kabupaten Bulungan berjalan kondusif aman dan damai,” tuturnya.

Sementara itu, Bupati Bulungan Syarwani menambahkan, tema bulan semisa merupakan langkah strategis dalam upaya menciptakan situasi yang kondusif, aman, dan nyaman bagi seluruh warga Kabupaten Bulungan.

“Program ini diharapkan dapat meningkatkan sinergi antara pemerintah, aparat keamanan, organisasi kemasyarakatan, dan seluruh elemen masyarakat dalam menjaga ketertiban dan keamanan di daerah,” ucap Syarwani, Senin (9/9/2024).

Di samping itu, lanjut Syarwani keikutsertaan organisasi kemasyarakatan melalui deklarasi, menunjukkan komitmen bersama untuk terus mendukung terciptanya bulungan yang aman dan damai.

“Saya berharap, dengan adanya deklarasi ini, seluruh ormas di Kabupaten Bulungan dapat terus berperan aktif, memberikan kontribusi positif, dan menjadi mitra strategis pemerintah dalam menjaga keutuhan dan persatuan bangsa,” bebernya.

Syarwani kemudian melanjutkan dengan penyerahan bantuan terhadap sejumlah partai politik, yang memiliki kursi di DPRD Bulungan. Bantuan ini merupakan bentuk dukungan pemerintah kepada partai politik sebagai salah satu pilar demokrasi.

Melalui bantuan ini, diharapkan partai politik dapat lebih optimal dalam menjalankan fungsi edukasi politik, pembinaan kader, serta memperkuat peran partai dalam mendukung pembangunan daerah.

“Saya ingin menekankan, bahwa bantuan ini bukan sekadar bantuan finansial, namun juga merupakan tanggung jawab bersama untuk menjaga nilai-nilai demokrasi, integritas, dan transparansi dalam setiap aktivitas politik,” ucapnya.

Seraya mengajak seluruh partai politik di Kabupaten Bulungan untuk memanfaatkan bantuan itu dengan maksimal, serta selalu berkomitmen pada prinsip-prinsip good governance, dan berkontribusi nyata dalam mewujudkan pemerintahan yang bersih, transparan, dan akuntabel.

Adapun rincian anggaran yang diterima oleh 12 partai politik di Kabupaten Bulungan sebagai berikut:

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Rp 37, 8 juta
Partai Gerakan Indonesia Raya Rp 88,1 juta
Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Rp 69,7 juta
Partai Golongan Karya Rp 96,7 juta
Partai Nasional Demokrat Rp 62,4 juta
Partai Keadilan Sejahtera Rp 49, 6 juta
Partai Persatuan Indonesia Rp 22,2 juta
Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Rp, 46,3 juta
Partai Amanat Nasional (PAN) Rp. 53,9 juta
Partai Hati Nurani Rakyat Rp. 71,7 juta
Partai Demokrat Rp. 59,4 juta
Partai Bulan Bintang (PBB) Rp 19 juta.

Secara akumulasi, sebesar Rp 677, 448 Juta. Anggaran tersebut merupakan akumulasi dari tahun 2019-2024 dan 2024 hinggga 2029.(*)

Penulis: Martinus
Editor: Yusva Alam

BERITA POPULER