spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Kaltara Siap Support Kebutuhan Pangan di IKN

TANJUNG SELOR – Pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur (Kaltim), diharapkan berdampak positif juga bagi pembangunan yang ada di Kalimantan Utara (Kaltara).

Apalagi, Provinsi Kaltara tergolong menjadi salah satu pintu gerbang menuju IKN. Pembangunan IKN ini menobatkan Provinsi Kaltara yang diharapkan mampu menjadi penyangga pangan untuk kebutuhan di IKN. Hal ini, salah satu kontribusi Kaltara dalam menopang pembangunan IKN.

Gubernur Kaltara, Zainal Arifin Paliwang saat dikonfirmasi mengenai peran Kaltara dalam pembangunan IKN menyatakan akan mendukung pembangunan di IKN salah satunya dari sisi kebutuhan pangan.

“Kita akan mensupport pembangunan di IKN, salah satu dukungan kita ialah memastikan ketersediaan pangan di IKN bisa didatangkan dari Kaltara,” ujar Zainal Arifin Paliwang, saat diwawancarai awak media, Sabtu (17/8/2024) kemarin.

Provinsi Kaltara, kata Gubernur harus selalu siap dalam menopang kebutuhan di IKN salah satunya kebutuhan akan daging, sayur, telur dan lain sebagainya.

“Kita harus menyiapkan dari sini (Kaltara red),” Kata Zainal.

Sebagai Provinsi tetangga dengan Kaltim, kata Gubernur Kaltara mesti gerak cepat dalam menopang kebutuhan itu. Jangan sampai, lebih dahulu oleh provinsi lainnya yang tergolong jauh.

“Jangan sampai provinsi yang jauh yang lebih duluan daripada kita. Dalam hal sumbangsih dan suporting kebutuhan pangan. Untuk itu, kita harus siap semuanya dalam segala hal,” tuturnya.

Selain itu, inovasi, kreativitas para petani sangat diharapkan oleh pemerintah daerah. “Kita harapkan para petani di Kaltara terus bertani dengan semangat tinggi, sehingga bisa mengembangkan dan memaksimalkan potensi pertanian yang dimiliki,” tambah Gubernur.

Pembangunan IKN di Kaltim diharapkan dapat berdampak positif bagi pembangunan di Kaltara. Apalagi Kaltara sebagai provinsi yang secara alur historisnya paling dekat dibandingkan provinsi lainnya. (tin/and)

Reporter: Martinus
Editor: Andhika

BERITA POPULER