spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Mengenal Tiga Destinasi Wisata Penghasil Omzet Terbesar di Tarakan

TARAKAN – Sudah bukan menjadi rahasia umum bahwa pesona Tarakan selalu menjadi incaran banyak wisatawan Kaltara. Pasalnya, Tarakan memiliki destinasi wisata yang cukup komplit. Mulai dari wisata alam yang menampilkan panorama indah seperti pantai, hingga wisata edukasi budaya seperti rumah adat dan museum.

Tapi, tahukah anda dari sekian banyak wisata di Tarakan, terdapat tiga destinasi yang menjadi primadona. Bahkan, sejumlah wisata ini menjadi penghasil omzet terbesar bagi Pemerintah Daerah pada tahun 2023. Untuk lebih jelasnya, berikut tiga destinasi wisata di Tarakan penghasil omzet terbesar yang berhasil dirangkum redaksi mediakaltimtara.com.

1. Wisata Ratu Intan Pantai Amal

Kawasan Wisata Ratu Intan Pantai Amal berada di Tarakan Timur, Kota Tarakan, Kalimantan Utara. Wisata ini tergolong baru karena baru dibuka secara resmi pada Jumat, (17/2/2023). Wisata Ratu Intan Pantai Amal menawarkan berbagai fasilitas yang menarik untuk membuat liburan kamu lebih berkesan seperti sepeda dan mobil mini listrik, gazebo, photo spot dan pemandangan pantai yang indah. Untuk bisa menikmati pemandangan pantai yang indah ini kamu cukup mengeluarkan uang sebesar. Rp 10.000 per orang. Sementara untuk tiket parkir mobil sebesar Rp 3.000 dan sepeda motor Rp 2.000.
Di tahun 2023 ini, wisata Ratu Intan menghasilkan uang sebesar Rp 1,1 Miliar.

“Omzet yang tertinggi itu Pantai Ratu Intan sekitar Rp 1,1 Miliar meliputi karcis masuk,sewa food court dan parkir kendaraan,’’ ucap Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata Disbudporapar Kota Tarakan, Syahrun, Minggu (4/8/2024).

2. Taman Berkampung

Taman Berkampung. (ADE/MKR)

Salah satu alasan mengapa Taman Berkampung selalu ramai dikunjungi, karena pihak pengelola tidak memungut biaya masuk sepeser pun untuk bisa menikmati keindahan taman ini. Pengunjung hanya diminta untuk membayar tiket parkir mobil sebesar Rp 3.000 dan sepeda motor Rp 2.000. Taman wisata ini terletak di Kampung Empat, Kecamatan Tarakan Timur, Kota Tarakan. Pada tahun 2023, Taman Berkampung menghasilkan keuntungan sebesar Rp 840 juta.

“Taman Berkampung omzetnya Rp 830 juta meliputi sewa rombong,sewa permainan dan parkir,” ucap Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata Disbudporapar Kota Tarakan, Syahrun.

3. Taman Berlabuh

Taman Berlabuh. (ADE/MKR)

Selanjutnya, Taman Berlabuh. Jika pada umumnya taman menyuguhkan pemandangan asri berupa pepohonan rindang, namun di Taman Berlabuh pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan hamparan laut lepas yang menyejukkan mata.

Tempat ini biasanya ramai dikunjungi pada sore hari, dimana banyak masyarakat yang ingin melihat sunset cantik secara langsung. Taman Berlabuh juga menyediakan berbagai macam hiburan seperti penyewaan sepeda dan mobil mini listrik, gazebo, dan photo spot.

Selain itu, banyak pedagang yang menjajahkan barang dagangannya di lokasi wisata ini, mulai dari olahan makanan hingga minuman ringan. Alhasil Taman Berlabuh pun masuk sebagai wisata yang tidak pernah sepi dikunjungi setiap harinya.

“Taman Berlabuh omzetnya Rp 290 juta meliputi sewa rombong,sewa permainan dan parkir,” ucap Kabid Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata Disbudporapar Kota Tarakan, Syahrun. (apc/and)

Reporter: Ade Prasetia
Editor: Andhika

BERITA POPULER