spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pj Wali Kota Tarakan Instruksikan OPD Revitalisasi Jembatan Binalatung

TARAKAN – Pj Wali Kota Tarakan, Bustan mengintruksikan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk mengambil langkah tindak lanjut yang diperlukan dalam pengerjaan jembatan yang terletak di Binalatung, Kelurahan Pantai Amal. Salah satunya, dengan melakukan revitalisasi.

Hal itu disampaikannya usai melakukan peninjauan pengerjaan jembatan, pada Senin (15/7/2024).

Menurut Bustan, hal ini perlu dilakukan untuk memastikan kelancaran akses transportasi di wilayah tersebut. Terlebih, jembatan itu merupakan infrastruktur yang vital bagi masyarakat sekitar terutama untuk akses menuju kota.

“Saya menganggap ini adalah hal yang sangat penting, sebagian dari aksebilitas baik barang maupun orang. Saya minta tim teknis yang mencarikan solusi,” kata Bustan.

Lanjut dijelaskannya, kerusakan yang terjadi pada jembatan itu telah mengakibatkan antrean yang panjang bagi pengendara. Selain itu, juga menghambat masuknya kebutuhan pokok.

Dia menghawatirkan jika terus dibiarkan dapat meningkatkan inflasi atau kenaikan harga. Namun, Bustan belum bisa memastikan target revitalisasi selesai. Sebab saat ini, pemerintah kota masih mencari mekanisme pengerjaan berkoordinasi dengan berbagai stakeholder termasuk dari Angkatan Laut.

“Informasi dengan melakukan perangkat daerah, karena saya dengar jembatannya sudah lama, ada perbaikan selalu kalau rusak dari swadaya masyarakat. Saya akan segera tindaklanjuti pembangunan jembatan ini melakukan revitalisasi,” tuturnya.

Sebagai informasi, jembatan yang menjadi penghubung masyarakat Binalatung ke kota sudah mengalami kerusakan selama bertahun-tahun. Kondisi jembatan ini pun cukup memprihatinkan, sebab hanya terbuat dari kayu. Beberapa kali, masyarakat setempat mengadakan upaya perbaikan sementara, namun kondisinya kembali rusak sebab tidak dilakukan perbaikan secara menyeluruh.

Penulis: Ade Prasetya
Editor: Yusva Alam

BERITA POPULER