spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pada Bulan Juli 2024, Mapulu Jadi Kampung Berkembang

TANJUNG REDEB – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) Berau, Tentram Rahayu menyampaikan perkembangan Indeks Desa Membangun (IDM) Kampung Mapulu akan naik status dari kampung tertinggal menjadi kampung berkembang.

“Insya allah pada bulan Juli 2024 mendatang Kampung Mapulu akan naik status menjadi kampung berkembang,” ucapnya.

Dirinya menjelaskan untuk kenaikan status kampung  tersebut dibutuhkan beberapa pemenuhan infrastruktur dasar. Seperti, fasilitas air dan listrik, pendidikan, kesehatan hingga pertumbuhan ekonomi untuk kampung.

“Beberapa waktu yang lalu telah diresmikan fasilitas air bersih yang akan dimanfaatkan masyarakat Kampung Mapulu pada Agustus 2024 mendatang,” tuturnya.

Kemudian, dirinya menjelaskan di Kampung Mapulu telah dibangun sekolah dasar agar anak-anak di Kampung Mapulu mendapatkan pendidikan yang layak.

“Sekolah Dasar tersebut terdiri dari tiga kelas,” ungkapnya.

Kemudian, dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Berau akan membangun Puskesmas Pembantu (Pustu) di Kampung Mapulu. Rencananya pembangunan Pustu tersebut akan dilakukan pada tahun ini.

“Insya Allah fasilitas kesehatan berupa Pustu di Kampung Mapulu akan terealisasi,” ujarnya.

Dirinya mengungkapkan untuk fasilitas listrik akan dibantu oleh Pemerintah Provinsi Kaltim agar masyarakat kampung tidak lagi merasakan kegelapan di kampungnya.

Dirinya mengungkapkan beberapa infrastruktur dasar telah terbangun termasuk rumah ibadah. Kemudian, infrastruktur jalan menuju Kampung telah terealisasi, kondisi jalan juga sudah bagus tidak ada lagi kendala terkait jalan yang rusak.

“Infrastruktur dasar inilah yang menjadi syarat agar kampung bisa naik status,” bebernya.

Selain itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau akan membantu Kampung Mapulu membangkitkan ekonomi agar dapat berkembang secara mandiri.

Kemudian, setelah berkoordinasi dengan Dinas Perkebunan Berau, untuk memberikan pendampingan dan perhatian khusus kepada Kampung Mapulu untuk dapat mengembangkan potensi kakao dikampung.

Menurutnya, dengan memanfaatkan komoditi unggulan daerah ini dapat menyongsong pertumbuhan ekonomi di Kampung Mapulu agar dapat mandiri kedepannya.

“Kita semua berharap Kampung Mapulu dapat terus berkembang. Sehingga tidak lagi menjadi kampung yang tertinggal,” tandasnya. (ril/dez)

Reporter: Aril Syahrulsyah
Editor: Dezwan

BERITA POPULER