spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Dorong Pemerintah Antisipasi Dampak Efek Domino Cuaca Ekstrem

TANJUNG REDEB – Belakangan ini, Kabupaten Berau dilanda cuaca ekstrem, sehingga Anggota Komisi III DPRD Berau, Sakirman mendorong pemerintah untuk mengantisipasi dampak domino yang akan timbul.

Dijelaskannya, harus ada penanganan yang tepat untuk meminimalisir dampak dari cuaca ekstrem, baik itu di perkotaan, hutan, kampung, sungai, perkebunan, pertanian hingga industri.

“Tidak bisa dipungkiri dapat munculnya bencana akibat dari cuaca ekstrem ini. Bisa saja nanti akan terjadi banjir yang bisa mempengaruhi kehidupan sosial ekonomi masyarakat, sehingga perlu diantisipasi secara sistematis,” ujarnya, Selasa (5/3/2024).

Dia berharap pemerintah mengambil langkah antisipatif, seperti mengeluarkan surat edaran yang isinya menginstruksikan seluruh perangkat pemerintah mengaktifkan posko siaga bencana di wilayah masing-masing.

“Dan meminta para camat, lurah dan kepala kampung untuk melakukan koordinasi dengan dinas terkait, instansi vertikal dan organisasi masyarakat yang membidangi kebencanaan, saat persiapan dan saat menghadapi bencana,” bebernya.

Tindakan selanjutnya, Sakirman menyarankan agar Pemkab Berau meminta dinas terkait, camat, lurah dan kepala kampung, untuk meningkatkan upaya mitigasi.

“Seperti membersihkan saluran air, normalisasi sungai, mempersiapkan jalur evakuasi, dan mempersiapkan tempat pengungsian yang aman bagi warga yang terdampak bencana,” tuturnya.

Sakirman berharap, selain melakukan tindakan antisipasi, juga dapat mempersiapkan SDM mempuni yang siap siaga dan cepat bertindak saat dibutuhkan.
“SDM juga tidak kalah penting untuk dipersiapkan,” tandasnya. (adv/set)

BERITA POPULER