spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Masuk Musim Penghujan, Ajak Masyarakat Terapkan Pola Hidup Sehat

TANJUNG REDEB – Musim penghujan mulai terjadi di Berau, sehingga penyakit rentan menyerang masyarakat. Salah satunya Demam Berdarah Dengue (DBD).

Anggota Komisi II DPRD Berau, Ratna mengungkapkan, masyarakat harus menjaga atau menerapkan pola hidup sehat. Pasalnya, DBD yang rentan timbul pada musim penghujan tidak bisa disepelekan dampaknya.

“Apalagi kalau ada genangan air, di situ menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk dan berisiko terjadi menularnya DBD, batuk, flu dan penyakit lain,” ucapnya.

Lanjut Ratna, mengingat musim pancaroba atau pergantian cuaca saat ini sedang terjadi, hal itu akan berpengaruh terhadap ketahanan tubuh. Sehingga, ia mengimbau seluruh lapisan masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungannya masing-masing.

“Salah satu cara pencegahannya, harus rajin membersihkan sekitaran rumah, jangan sampai ada tempat-tempat perkembangbiakan nyamuk dibiarkan begitu saja,” sambungnya.

Dirinya menyebut, penting mewaspadai penyakit dan terus menjaga kebugaran tubuh dengan rutin berolahraga, menjaga pola makan, istirahat cukup, hingga menjaga lingkungan.

Selain itu, ia juga mendorong gotong royong untuk membersihkan drainase di tingkat RT terus dihidupkan, agar seluruh lingkungan tetap aman dari nyamuk penyebab DBD.

“Kesehatan dan kebersihan merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Di musim seperti ini, selain menjaga kesehatan, yang penting juga adalah lingkungan tetap bersih dan sehat, hidupkan lagi gotong royong di tingkat RT,” tandasnya. (adv/set)

BERITA POPULER